SATRESKRIM

Kapolres Himbau Nelayan Waspada

Tribratanews.cilacap.jateng.polri.go.id, Reskrim – Buaya kembali muncul di perairan Segara Anakan Kecamatan Kampung Laut beberapa saat lalu. Buaya tersebut muncul di sekitar Pos TNI AL yang berada di Desa Klaces Kecamatan Kampung Laut.

Warga Kampung Laut, Eko Riswanto mengatakan jika buaya muncul diketahui oleh nelayan pada Jumat (3/7/2020) sore.

“Ada nelayan yang melihat buaya di depan Pos AL Klaces,” ujarnya, Senin (6/7/2020).

Setelah adanya kemunculan buaya tersebut, dia mengatakan jika sampai Senin belum ada informasi terkait dengan munculnya kembali buaya muara itu.

“Belum ada info buaya muncul lagi,” katanya.

Sementara itu Kapolres Cilacap AKBP DERY AGUNG WIJAYA, SH,SIK,MH melalui sambungan telepon mengatakan jika kemunculan buaya sudah dilaporkan kepada Balai Konservasi Sumberdaya (BKSDA) Jawa Tengah Resor Konservasi Wilayah II Cilacap. Pasalnya dikhawatirkan buaya yang ada lebih dari satu ekor.

“Sudah dilaporkan kepada instansi terkait untuk mengambil langkah selanjutnya, karena dikhawatirkan jumlah buaya lebih dari satu,” ujarnya.

Pihaknya sudah menghimbau kepada masyarakat, untuk waspada. Terutama bagi nelayan yang beraktivitas mencari ikan di sekitar lokasi, yakni pulau sekitar Pos TNI AL.

“Sudah (menghimbau,red) melalui Kades,” katanya.

Buaya muara juga pernah muncul di Segara Anakan pada Bulan Mei tahun 2019 silam. Buaya dengan panjang sekitar tiga meter lebih tersebut muncul di beberapa tempat, seperti tikungan buaya, muara Nusakambangan.

Buaya tersebut akhirnya ditemukan pada Bulan Agustus dalam keadaan mati. setelah terjebak jaring apung milik nelayan. Selanjutnya dikuburkan di sekitar Pantai Teluk Penyu oleh petugas.

Penulis : Briptu Hendro Setiyono
Sat Reskrim
Polres Cilacap
Polda Jateng

Related Posts