SATRESKRIM

FPI Tolak HIP

Tribratanews.cilacap.jateng.polri.go.id, Reskrim – Gelombang penolakan Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HiP) terus berlanjut. Ratusan massa lintas organisasi masyarakat dan juga Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Cilacap kembali melakukan aksi penolakan RUU HIP tersebut, di Jalan Jenderal Soedirman depan eks Bataliyon Cilacap pada Minggu (5/7/2020).

Para peserta demo datang dengan membawa berbagai poster, spanduk bertuliskan penolakan RUU HIP. Selanjutnya mereka berorasi menolak jika Pancasila diutak utik kembali, menjadi Trisila maupun Ekasila.

“Masyarakat Cilacap dari berbagai elemen bangsa ini kompak, kompak menolak RUU HIP, menolak pancasila dirubah menjadi ideologi lain, dan ini sebagai upaya membangkitkan ideologi komunisme maxisme, leninisme. Pancasila ini sudah final, tak perlu diotak atik, dengan merubah menjadi Trisila dan Ekasila,” kata Syamsudin Ketua Forum Umat Islam (FUI) Kabupaten Cilacap.

Mereka menuntut agar Pemerintah pusat menolak adanya RUU HIP yang dibuat dan diinisiatori oleh DPR RI. Serta meminta agar DPR RI segera mencabut RUU HIP tersebut dari Prolegnas.

“Kami meminta RUU HIP dibatalkan, DPR mencabut dan pemerintah menolak. Namun jika pemerintah tidak bisa, maka kami sebagai warga negara akan meminta kepada MPR untuk memberikan sanksi kepada pemerintah. Karena tidak ada satu pun rakyat Cilacap yang memberi amanat kepada wakil rakyat DPR RI untuk mengganti Pancasila,” ujarnya.

Sementara itu angota polri Polres Cilacap berjaga mengamankan kegiatan tersebut, selama kegiatan berjalan aman kondusif.

Penulis : Briptu Hendro Setiyono
Sat Reskrim
Polres Cilacap
Polda Jateng

Related Posts