Utama

Rembuk Nelayan adalah solusi terbaik mengatasi Permasalahan Nelayan Cilacap

Tribratanews.cilacap.jateng.polri.go.id – Rabu (28/02) Lautan merupakan tempat Nelayan mencari nafkah terutama menangkap ikan, wilayah lautan merupakan satu kesatuan yang tidak di kapling kapling namun demikian wilayah penangkapan ikan diatur oleh pemerintah yang Dikenal dengan jalur tangkap baik jalur I, II maupun III Semua demi melindungi Nelayan itu sendiri agar tidak terjadi konflik antar Nelayan.

Namun demikian konflik antar nelayan bisa saja terjadi karena kesalah fahaman semata, Ini terjadi antara nelayan pancing Senggol Cilacap dengan Nelayan pesisir Pangandaran Kejadian tersebut bermula dari beberapa ekor Penyu di perairan pengandaran yang mati dan di mungkinkan terkena pancing senggol nelayan Cilacap.

Agar masalah tidak berlarut dan menjadi konflik yang lebih luas maka di mediasi oleh DKP propinsi Jateng, Pol Airud Cilacap, serta Intansi terkait bertempat di Gedung Break Water PPSC diadakan Rembuk Nelayan antara HNSI Pangandaran dan HNSI Cilacap.

Dalam pertemuan tersebut disepakati bahwa antar Nelayan harus menghormati kearifan lokal di mana mereka menangkap ikan. Sehingga tercipta kerukunan antar Nelayan.

Komunikasi, saling menghormati dan rasa senasib sepenanggungan akan membuat Nelayan menjadi kuat serta nyaman dalam menangkap ikan,” jelas Kasat Pol Airud Polres Cilacap Akp Huda Syafi’i, S. IP.

Penulis Sat Pol Airud Cilacap

Related Posts