JAJARAN

Polsek Bantarsari Himbau Petani Yang Lupa Tinggalkan kunci Kendaraan.

Tribratanews.cilacap.jateng.polri.go.id – Petugas Kepolisian Sektor Bantarsari Polres Cilacap Polda Jawa Tengah tidak bosan-bosan untuk mengingatkan kepada seluruh warga masyarakat untuk berhati-hati dan waspada dengan kendaraanya. Karena para pelaku kejahatan seperti pencurian kendaraan bermotor selalu menyasar kendaraan yang tidak terpantau oleh pemiliknya.

Apalagi ditambah kunci sepeda motor tergantung di motor dan ditinggal di tengah sawah. Hal tersebut sangat mudah untuk diambil oleh para pelaku kejahatan curanmor.

Saat melaksanakan patroli pada jalur persawahan di Dusun Cikerang Desa Bantarsari Kecamatan Bantarsari Kabupaten Cilacap, Rabu (31/01/2018), dua petugas Polsek Bantarsari polRes Cilacap Polda Jawa Tengah Bripka Dwi Anjariyanto dan Bripka Iwan menjumpai sepeda motor yang terparkir di tepi jalan sawah. Ditambah kunci masih tergantung di sepeda motor sedangkan pemiliknya jauh di tengah sawah.

Melihat kondisi tersebut, petugas kemudian menghentikan laju kendaraan patrolinya, dan mengecek kendaraan yang ditinggal pemiliknya beraktifitas di tengah sawah.

“saat kami patroli melihat kendaraan yang ditinggalkan, kami lakukan pengecekan antisipasi curanmor”, ujar Bripka Dwi Anjariyanto salah satu anggota Polsek Bantarsari.

Benar saja, apa yang dikhawatirkan petugas terbukti, sepeda motor tersebut kunci kontaknya masih menempel di kendaraan.

Petugas kemudian mencari sang pemilik kendaraan, dan sang pemilik sepeda motor tersebut berada di area persawahan yang berjarak sekitar 100 meter dari kendaraanya, ketika itu tengah sibuk membersihkan rumput sawah.

Tak ingin terjadi aksi curanmor, petugas kemudian mengingatkan kepada pemilik kendaraan agar hal semacam itu tak terulang kembali baik di sawah atau dimanapun berada.

” Jangan sampai lupa untuk mencabut  serta mengunci kendaraannya Pak”, ujar Bripka Iwan.

” Kunci itu manfaatnya 2, selain untuk menghidupkan sepeda motor, juga untuk mengunci sepeda motor saat ditinggal pergi “, tambah ucap Bripka Iwan.

Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto melalui Kapolsek Bantarsari IPTU Suwarna menyayangkan kejadian seperti ini. Di saat petugas Kepolisian berupaya untuk menjaga agar tidak terjadi tindak kejahatan, sebagian masyarakat cenderung mengabaikan keamanan justru terhadap barang milik mereka, bahkan memberikan peluang bagi pelaku kejahatan melakukan aksinya.

Penulis Fauzi Bantarsari

Related Posts