JAJARAN

DOR TO DOR, ITU YANG DILAKUKAN BABINKAMTIBMAS POLSEK GANDRUNGMANGU SAMBANGI WARGANYA

Tribratanews.cilacap.jateng.polri.go.id – Dalam upaya mengantisipasi tindakan kriminal dan memberikan kenyamanan kepada masyarakat, Bhabinkamtibmas Polsek Gandrungmangu Polres Cilacap Bripka Brury Ngintoro memiliki metode tersendiri untuk sambang warga, aktivitas program tersebut dengan melakukan kunjungan ke berbagai rumah warga Seperti yang di lakukanya, Jumat (12/01/2018).

Menjumpai ada warga yang sedang nongkrong dan ngopi di luar rumah kesempatan tersebut digunakan oleh Bripka Brury untuk berdialog langsung dengan masyarakat dan menyampaikan pesan –pesan kamtibmas.

Kapolsek Gandrungmangu AKP Agus Subagyo menjelaskan anggotanya menggali informasi dari masyarakat terkait potensi kejahatan, gangguan kamtibmas, dan sebagainya, anggota juga diwajibkan memberikan informasi.

 “Upaya antisipasi tindakan kejahatan salah satunya memberikan informasi, selain itu anggota Bhabinkamtibmas juga harus tetap ramah dan mengedepankan senyum, sapa dan salam, manfaat metode sambang warga dan dialogis akan dirasakan bukan hanya oleh masyarakat, melainkan oleh anggota polisi ketika melaksanakan tugas di lapangan karena akan mudah dikenal masyarakat,”tuturnya.

“Apalagi jika sambang bhabin kamtibmas ini dilaksanakan setiap hari dan salah satu manfaatnya bertambah mitra yang baru,” ujar Rohmat salah seorang warga Gandrungmangu.

Tidak lupa pesan kamtibmas tentang untuk kembali aktifnya siskamling guna mencegah gangguan kamtibmas dan kejahatan di malam hari. “mengajak masyarakat aktif melaksanakan siskamling, karena pada dasarnya pengamanan bukan hanya tugas kepolisian melaikan bersama dengan masyarakat,” ungkap Bripka Brury.

Penulis Aiptu Fatchurohman

Related Posts