Featured

*Dirpolairud Silaturahmi Nelayan, Himbau Keselamatan Berlayar dan Bantu Pengembangan Kawasan Mangrove*

SEMARANG – Membaiknya kondisi cuaca perairan pantura selama sepekan ini membuka kesempatan bagi nelayan Jawa Tengah

untuk kembali melaut.

 

Agar para nelayan menjaga keselamatan saat berlayar dan meminimalisir terjadinya kecelakaan di laut, Ditpolairud Polda Jateng menggelar Program IKAN SELAYAR (Ikut Andil Dalam Keselamatan Berlayar).

 

Kegiatan yang dilaksanakan di TPI Desa Mangunharjo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang tersebut dipimpin langsung Direktur Polairud Polda Jateng Kombes Pol Hariadi, SH, SIK, MH.

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut PJU Ditpolairud, Forkopimcam Kecamatan Tugu, serta kelompok masyarakat nelayan Mangunharjo Kec. Tugu, Kota Semarang.

 

“Program ini untuk menanamkan kesadaran masyarakat nelayan untuk menjaga keselamatan berlayar serta meminimalisir terjadinya kecelakaan saat berlayar,” ungkap Dirpolairud, Jumat, (01/04/2022).

 

Adapun kegiatan yang dilakukan dalam program tersebut antara lain penyerahan jaket keselamatan / life jacket  dan penyerahan  Bibit Mangrove dari Dir Polairud Polda Jateng kepada nelayan kelurahan Mangun harjo, Tugu, Semarang.

 

Selain itu, Dirpolairud meninjau hasil usaha produksi kerupuk dan batik pewarna bahan baku dari Mangrove yang diproduksi nelayan setempat. Dilanjutkan meninjau lokasi penanaman Mangrove di  Pantai Mangunharjo

 

Penanaman mangrove yang dilakukan diharapkan juga mampu menjaga kelestarian lingkungan dan ekosistem laut serta dapat melindungi kawasan pesisir tempat tinggal nelayan dari ancaman abrasi.

 

“Diharapkan dengan program IKAN SELAYAR ini dapat menjalin kemitraan dan mempererat komunikasi yang baik antara Polri dengan masyarakat di pesisir pantai,” kata Dirpolairud.

Related Posts